KKN-T Unira Malang telah mengadakan program kerja berupa pengolahan ikan lele menjadi berbagai olahan yang renyah dan gurih bersama warga Dusun Sembon Kulon.

UNIRA MALANG, telah menyelenggarakan program KKN-T yang bertempat di dusun Sembon Kulon. Kelompok mahasiswa KKN-T UNIRA yang ditugaskan di dusun ini, telah mengadakan sosialisasi dengan perangkat dusun sekaligus turut mengundang Bapak Kades beserta Ibu Kades Ngajum, ketua RW, RT, Ibu-ibu PKK, dan para pemuda karang taruna. Dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui pengenalan program kerja “pengolahan lele menjadi nugget, iteng/basreng, kerupuk, dan lain-lain”. Minggu (27/01/22). Karena ikan lele tidak hanya dijadikan olahan makanan biasa, melainkan bisa diolah menjadi produk lainnya, sebagaimana yang telah disebutkan. Maka terobosan ini, perlu dilaksanakan serta dikembangkan dengan adanya sosialisasi ke warga. Sehingga bisa berguna dan dapat menjadi sumbangsih dalam perkembangan sektor ekonomi warga setempat. Warga sangat antusias menyambut program ini, karena berpotensi bagi perkembangan usaha mereka terutama bagi pihak ibu-ibu PKK dan Pemuda Karang Taruna.

Peluang ini sangatlah berarti, terutama bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi angka pengangguran di Dusun Sembon Kulon. Yakni bisa meningkatkan produktivitas ibu rumah tangga disela-sela waktunya dengan kegiatan yang bernilai positif. Serta kami juga mengajak bersama teman-teman karang taruna dalam mengembangkan inovasi usaha produksi dan pengenalan digital marketing (pemasaran).

Bapak Wahid selaku kepala Dusun Sembon Kulon sekaligus mewakili Kepala Desa Ngajum dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh kelompok 02 KKN-T UNIRA Malang. Selanjutnya, beliau berharap warga dapat mengembangkan program-program yang disampaikan oleh teman-teman mahasiswa KKN-T UNIRA. Para warga khususnya ibu-ibu PKK dan para pemuda karang taruna sangat antusias dalam mengikuti pengolahan yang berbahan dasar lele. Seperti pembuatan nugget dan kerupuk iteng lele.

Olahan ikan lele mulai dengan membersihkan ikan lelenya, dihaluskan dagingnya, dicampur bumbu, telur dan tepung, dikukus, dipotong-potong sesuai selera, diberi taburan tepung panir, kemudian dimasak. Sedangkan pembuatan iteng/kerupuk hampir sama dengan cara pembuatan nugget. Yang membedakan adalah tanpa ditaburi panir dan penjemuran.

Harapan kami kelompok KKN-T UNIRA MALANG, semoga kegiatan yang diselenggarakan ini dapat bermanfaat, tidak berhenti disini saja, selalu berkembang dan berjalan. Demi mengembangkan ekonomi warga dusun sembon kulon umumnya untuk masyarakat desa Ngajum. Menjadi masyarakat yang maju dan segala sektornya…Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.