Peserta KKN Tematik UNIRA Malang kelompok 8 menggelar sosialisasi penyuluhan penanaman rasa nasionalisme kepada siswa-siswi MTs Nurul Huda Dusun Babadan Kecamatan Ngajum, Jumat (21/01/2022).

Berjalan meriah, sosialisasi ini diikuti oleh kurang lebih 60 siswa-siswi yang sangat berantusias dan aktif dalam mengikuti acara penyuluhan sampai selesai. Acara dimulai pada hari jum’at 21 Januari 2022 pukul 08.00 sampai pukul 10.00 di salah satu Gedung MTs Nurul Huda.

“Pentingnya menananamkan rasa nasionalisme pada para remaja, karena mengingat rasa cinta tanah air di kalangan remaja mulai terkikis. Apalagi budaya barat yang dengan mudah masuk ke Indonesia,” ujar salah satu koordinator KKN-T bidang pendidikan, Galuh Fitri.

Kegiatan sosialisasi yang digelar oleh KKN Tematik kelompok 8 ini bertujuan agar siswa-siswi MTs Nurul Huda berperan aktif menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada di negaranya dengan melestarikan alam dan lingkungannya.

“Dengan adanya penyuluhan ini diharapkan para siswa-siswi bisa semakin cinta tanah air dan menjaga keanekaragaman yang ada di bumi pertiwi,” imbuhnya.

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam penyuluhan kali ini tidak hanya memaparkan materi perihal penanaman rasa nasionalisme.

Akan tetapi sosialisasi ini juga mengajak para siswa-siswi MTs Nurul Huda untuk bermain kuis seputar materi, menonton video motivasi, serta film perjuangan. Dalam mendukung program sosialisasi tersebut guru serta stakeholder MTs Nurul Huda turut hadir mengikuti kegiatan tersebut sampai dengan selesai.

Salah satu guru MTs Nurul Huda, mengatakan para siswa anak didiknya merasa senang dan sangat berkesan karena mendapatkan pemahaman mengenai rasa nasionalisme, dan cinta tanah air.

“Kami sangat senang dengan kehadiran KKN-T Unira Malang di lingkungan sekolah MTs Nurul Huda ini sehingga dapat memberikan semangat kepada para siswa/siswi terbukti dengan antusiasnya para siswa dalam mengikuti penyuluhan yang diberikan oleh kelompok KKN-T ini,” ungkapnya.

Penulis: Sholi Nur Wahyudi

Sumber : Wartacakrawala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.