UNIRA Malang memilliki visi “Menjadi Universitas dengan keunggulan kompetitif global dalam membentuk generasi terbaik (Khaira Ummah) pada tahun 2036”. Untuk mewujudkan cita Khaira Ummah tersebut maka dirumuskanlah pilar-pilar utama yang sekaligus menjadi bidang unggulan Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang.  Ketiga Pilar tersebut adalah Peace Education, Social Enterprise, dan Green Technology yang terinspirasi dari Al-Quran Surat Ali Imron Ayat 110 (Kamu adalah umat yang terbaik (khara ummah) yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah).

Pilar pertama, yakni Peace Education (Tarbiyah Al-Salam, Pendidikan Perdamaian) merupakan representasi dari “beriman kepada Allah”,dimana pilar ini berisi agenda UNIRA Malang untuk  mendidik, mendukung dan menginspirasi semua civitas akademika dan para stakeholder dalam menghilangkan kekerasan danmengarusutamakan perdamaian baik untuk diri dan lingkungannya, dengan kekuatan spritualitas melalui pendidikan yang berkualitas yang bisa bersanding dengan kearifan lokal (local wisdom). Secara operasional, pilar ini menghimpuntiga agenda besar penelitian payung UNIRA Malang yakni: (1) Spiritualitas dan Kemanusiaan, (2) Pendidikan Berkualitas, dan (3) Local Wisdom

Pilar kedua yakni Social Enterprise (Al-Muassasat Al-Ijtima’iyyah, Kewirausahaan Sosial), yang merupakan representasi dari “menyuruhkepada yang ma’ruf”. Pilar ini berisi agenda UNIRA Malang untuk mendidik, mendukung dan menginspirasi semua civitas akademika di semua program studi untuk ikut mengidentifikasi dan mengatasi problem masyarakat dan melakukan perubahan-perubahan sosial menuju masyarakat yang baik melalui penguatan kewirausahaan, penerapan financial inclusion  dalam membangun masyarakat. Secara operasional, pilar ini menghimpun tiga agenda besar penelitian payung UNIRA Malang yakni: (1) Financial Inclusion, (2) Enterpreneurship, dan(3) Community and Development

Pilar ketiga adalah Green Technology  (Al-Tiknulujiyya Al Khadra,’TeknologiHijau/Teknologi Tepat Guna Ramah Lingkungan) yang berisi perhatian UNIRA Malang untuk mendidik, mendukung, menginspirasi seluruh civitas akademika dalam mengimplementasikan teknologi tepat guna yang berwawasan lingkungan, menghindari kerusakan dan membangun solidaritas kemanusian. Secara operasional, pilar ini menghimpun tiga agenda besar penelitian payung UNIRA Malang yakni: (1) Kemandirian Pangan dan Energi, (2) Environment, dan (3) Smart Village.

Ketiga pilar dengan berbagai agenda sebagaimana tersebut di atas, menjadi landasan pelaksanaan penelitian (sekaligus pengabdian kepada masyarakat) yang dilaksanakan oleh dosen di lingkungan UNIRA Malang, yang kemudian melahirkan tema-tema penelitian unggulan UNIRA Malang yang mencakup: (1) Agama, Pendidikan dam Kemasyarakatan,(2) Good Governance, (3) Pengembangan teknologi, dan (4) Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Resiko Bencana.

Sumber: Dokumen Rencana Induk Penelitian LPPM UNIRA Malang